Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Penggunaan Sealer Cat Tembok Serta Fungsinya

Gambar oleh Alexandra ❤️A life without animals is not worth living❤️ dari Pixabay 

 Pada artikel ini, saya akan membahas cara penggunaan sealer cat tembok dan juga fungsi dari sealer tersebut. Bagi orang awam tentu belum mengetahui, apa itu sealer ?. Cat sealer adalah merupakan jenis cat dasar yang digunakan pada saat sebelum dilakukan pengecatan terhadap cat tembok.

Jadi begini, ketika anda sedang membangun sebuah rumah. Anggaplah rumah tersebut sudah di plaster dan akan dilakukan pengecatan terhadap tembok tersebut. Nah sebelum anda memulainya, anda terlebih dahulu harus melapiskan cat dasar tembok terlebih dahulu. Apa fungsinya ? nanti akan saya jelaskan dibawah ini.

Terus bagaimana cara penggunaan sealer cat tembok tersebut ? Simak baik-baik tips berikut ini.

Cara Penggunaan Sealer Cat Tembok

Setiap langkah, tentu ada prosesnya. Sama halnya pada saat anda ingin mengecat sebuah dinding rumah. Sebelum melakukan pengecatan terhadap dinding, sebaiknya anda menggunakan sealer cat agar hasil yang di dapat nantinya akan maksimal. Berikut cara penggunaannya.

Penggunaan untuk tembok baru (Baru diplester)

Cara Penggunaan Sealer Cat Tembok
Gambar : rumahhokie.com

1. Memastikan plasteran telah mengering

Sebelum memulainya pastikan terlebih dahulu bahwa plesteran tersebut benar-benar sudah mengering. Jika belum mengering, maka dapat membuat cat menjadi mengelupas. Biasanya waktu kering total plasteran tergantung dari cuaca di daerah tempat anda tinggal.

Jika daerah panas, maka waktu kering total biasanya 2 minggu dari pertama selesai plaster. Jika anda tinggal di daerah dingin. Biasanya memakan waktu berbulan - bulan, agar plasteran sudah kering total.

2. Bersihkan permukaan dinding dari debu serta kotoran

Sebelum memulai menggunakan sealer cat tembok. Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu permukaan dinding dari debu dan juga kotoran. Hal ini bertujuan agar hasil menjadi lebih sempurna.

3. Perhatikan deskripsi dari produk cat sealer tembok yang dibeli

Cara penggunaan sealer cat tembok berbeda - beda setiap jenisnya. Ada yang harus dicampur air dan ada yang bisa langsung dipakai. Jadi, sebelum penggunaan, sebaiknya dibaca terlebih dahulu petunjuk yang ada.

4. Lakukan secara bertahap

Setelah melakukan langkah diatas. Selanjutnya anda bisa memulai mengecat tembok secara bertahap. Lakukan pengecetan dengan 1 - 2 lapisan dengan merata.

Namun bagaimana jika ingin mengecat ulang tembok lama ? Cara penggunaan sealer cat tembok untuk mengecat ulang tidaklah berbeda. Namun hanya saja anda perlu terlebih dahulu membersihkan sisa cat tembok lama sampai benar-benar sudah bersih.

Kemudian, anda perlu menggosok permukaan tembok sampai benar-benar sudah halus. Setelah itu anda bisa memulai mengecatkan sealer tembok dengan mengikuti cara di atas.

Namun ingat ! Setiap anda membeli produk merk cat tembok. Pastinya merk tersebut memiliki sealer cat nya tersendiri. Sebaiknya belilah cat sealer dan cat tembok dengan merk yang sama. Agar mempermudah proses pengerjaan dalam mengecat.

Namun, jika ingin hemat. Anda dapat membeli cat tembok dengan keunggulan 3 in 1. Dalam arti, dalam satu cat tersebut sudah memiliki keunggulan seperti sealer, waterproof dan cat utamanya. Jadi anda tidak perlu membeli cat sealer untuk menghemat pengeluaran anda. 

Dan bisa langsung anda aplikasikan pada permukaan dinding yang akan di cat. Setelah membaca penjelasan di atas, apa sih fungsi sealer tersebut. Simak selengkapnya dibawah ini !

Fungsi Sealer Cat

Secara umum, cat dasar tembok sealer memiliki fungsi diantaranya :

1. Tahan terhadap garam alkali/anti alkali. 

Secara umum garam alkali biasanya terdapat pada material semen dan bata pada saat pembuatan dinding. Garam alkali yang terlarut dalam air dapat muncul ke permukaan lapisan luar dinding melalui penguapan. 

Sehingga hal ini menyebabkan  kerak berbentuk kristal halus putih pada permukaan dinding (istilah teknis dari kondisi ini adalah efflorescence/pengkristalan alkali). Nah, Cat dasar yang mengandung anti alkali ini akan mencegah terjadinya masalah tersebut.

2. Menutup pori pori pada dinding plaster

Fungsi cat sealer selanjutnya ialah dapat menutup pori pori atau juga retak rambut pada dinding. Agar nanti nya, lapisan cat akhir akan menjadi lebih halus. 

3. Membantu daya sebar cat akhir

Cat sealer juga berfungsi membantu daya sebar cat akhir menjadi lebih luas. Selain itu juga, dapat menjadikan lapisan berikutnya lebih merekat dan tidak mudah mengelupas.

4. Anti lumut dan jamur

Beberapa produsen cat ternama memiliki cat sealer yang juga tahan terhadap lumut maupun jamur. Biasanya cat dengan keunggulan ini diaplikasikan di luar rumah dan juga kamar mandi.

5. Mengurangi penyerapan air dan uap air pada permukaan alkali

Fungsi dari sealer cat tembok juga dapat mengurangi penyerapan air dan juga uap pada permukaan alkali. Sehingga lapisan cat selanjutnya tidak mudah mengelupas. Akibat dari penguapan tersebut.

6. Menjadikan tampilan cat dinding lebih mendekati warna aslinya

Salah satu fungsi sealer cat yaitu dapat menjadikan warna cat akhir mendekati warna aslinya. Sehingga menjadikan hasil akhir yang sempurna.

Namun pada intinya sealer cat ini berfungsi sebagai menahan  alkali pada dinding. Seringkali hal ini diabaikan oleh sebagian orang dengan alasan hemat biaya. Namun, penggunaan sealer ini sangat penting untuk jangka panjang. Agar masalah garam alkali tidak muncul dikemudian hari.

Selesai sudah pembahasaan cara penggunaan sealer cat tembok serta fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan sebelum memulai untuk mengecat tembok.

Post a Comment for "Cara Penggunaan Sealer Cat Tembok Serta Fungsinya"