Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Jenis Cat Beserta Kegunaannya, Wajib Kamu Ketahui Nih !

Jenis Cat

 Sebelum memutuskan untuk mengecat. Alangkah baik nya kamu perlu mengetahui jenis cat yang akan digunakan nanti nya. Pada artikel ini, saya akan memberikan penjelasan tentang berbagai jenis jenis cat yang ada di pasaran saat ini.

Sekarang ini ada banyak sekali berbagai macam cat dari berbagai merk mulai dari yang murah hingga yang mahal sekalipun. Tentunya cat tersebut memiliki fungsi dan kegunaanya masing-masing.

Untuk mengetahui jenis cat yang beredar saat ini. Kamu perlu membaca penjelasan yang sudah saya tulis dibawah ini.

Jenis Jenis Cat Serta Fungsinya

Cat minyak kayu dan besi

jenis cat Alkyd synthetic

Sesuai dengan nama nya. Cat ini diperuntukan untuk mengecat permukaan kayu dan juga besi. Cat synthetic ini sifatnya mengkilap. Adapun kelebihan dari cat alkyd synthetic ini ialah tahan terhadap segala cuaca, bebas jamur dan pastinya tahan lama.

Wall Sealer

jenis cat Wall Sealer

Wall sealer merupakan jenis cat tembok yang memiliki kemampuan yang baik untuk menutup retak rambut pada permukaan dinding yang telah di plaster. Ada berbagai merk cat wall sealer yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan. Selain itu, cat wall sealer ini memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap alkali dan juga efflorescence.

Bagaimana cara penggunaan cat sealer dan apa fungsinya ? Anda bisa membacanya pada artikel berikut ini : Cara penggunaan sealer cat tembok serta fungsinya 

Cat Polyurethane/PU

jenis cat Polyurethane

Cat PU merupakan cat finishing yang memiliki wujud transparan serta memiliki ketahanan terhadap goresan. Cat polyurethane ini umumnya di peruntukan sebagai bahan finishing berupa media kayu. Namun bisa juga digunakan untuk mengecat pada media lain, salah satu nya ialah besi. 

Cat ini sifatnya mengkilapkan media serta menjadikan permukaan menjadi lebih halus. Selain itu cat ini juga memiliki peran sebagai pelindung pada lapisan cat sebelumnya.

Zinc Chromate Primer

jenis cat Zinc Chromate Primer

Cat zinc chomate primer merupakan jenis cat yang sangat cocok di aplikasikan pada media besi maupun logam. Bagi kamu yang ingin mengecat pagar besi, maka cat ini sangat cocok menjadi pilihan nya.

Adanya kandungan zinc (seng) yang dimiliki, maka zinc Chromate primer ini memiliki fungsi sebagai pelindung media yang mudah berkarat serta mencegah korosi pada besi.

Cat duco atau Cat dempul

jenis cat duco

Cat ini banyak digunakan untuk keperluan di bidang pengecatan mobil. Namun, bisa juga di aplikasikan pada media kayu dan juga besi. Cat duco memiliki fungsi untuk menutup bagian permukaan yang ingin di cat agar objek memiliki kerapatan yang lebih tinggi dan terasa lebih halus.

Cat Emulsi Styrene Acrylic

Jenis Cat Emulsi Styrene Acrylic

Cat emulsi styrene acrylic di peruntukkan untuk mengecat permukaan interior seperti bata, plester, semen dan asbes yang tidak sepenuhnya kering. Sangat cocok untuk digunakan baik pada permukaan baru maupun yang sudah pernah dicat sebelumnya. Selain itu, cat ini mampu menjamin ketahanan yg sangat baik terhadap serangan alkali.

Cat melamic

jenis Cat melamic
Cat melamic ini sangat cocok di aplikasikan untuk furniture kayu seperti mebel dan kabinet, pintu, jendela, kusen, dll. Cat ini menghasilkan permukaan kayu dengan daya kilap tinggi, lapisan keras dan tebal, tahan gores, serta tahan terhadap air dan bahan kimia rumah tangga.

Cat remover

Jenis Cat Remover

Cat remover sangat tepat digunakan ketika ingin melakukan pengecatan ulang dinding atau tembok rumah. Gunanya agar cat lama yang menempel pada dinding dapat dengan mudah mengelupas. Sehingga hal ini sangat membantu kamu dalam membersihkan bekas sisa cat lama. 

Cat stoving

Jenis cat stoving

Jenis cat stoving ini sangat jarang sekali digunakan untuk keperluan pribadi, mungkin juga tidak digunakan sama sekali. Namun dalam dunia industri, seperti tabung gas, elektronik dan berbagai jenis barang terbuat dari logam lainnya. Cat stoving ini sering sekali digunakan. Cara mengoptimalkan cat stoving ini sangat berbeda dari yang lain. 

Sebab dilakukan dengan cara di oven atau stove yang membutuhkan alat oven yang besar.

Cat thermoplastic

Jenis cat thermoplastic

Cat thermoplastic ini umumnya digunakan sebagai marka jalan raya. Sebab cat ini memiliki sifat tahan terhadap panas dan tidak mudah untuk mengelupas. Tak heran jika cat marka jalan sangat awet.

Cat epoxy

Jenis cat epoxy

Pada umumnya cat epoxy ini tidak lepas dari resin dan hardener. Hal ini bertujuan agar lapisan cat bertahan lebih lama. Biasanya cat epoxy ini digunakan untuk mengecat bagian lantai pabrik, bengkel, rumah maupun garasi. 

Setelah mengetahui jenis cat beserta kegunaannya. Yang perlu anda ketahui selanjutnya ialah jenis lapisan cat pada bangunan. Apa saja itu ? Simak ulasan berikut ini.

3 Jenis Lapisan Cat Bangunan

1. Cat primer

Cat primer atau cat dasar merupakan cat yang di buat untuk dapat melekat dengan baik pada permukaan yang akan di cat. Fungsi utamanya ialah memberikan dasar yang konsisten sehingga lapisan cat berikutnya dapat melekat dengan mudah. Selain itu cat primer pada dinding umumnya memiliki fungsi menutup retak rambut pada dinding yang telah diplaster.

Cat primer ini terdiri dari dua jenis, yaitu cat primer berbasis air dan cat primer berbasis minyak. 

Cat primer berbasis air

Cat primer berbasis air pada umumnya telah mengandung bahan full akrilik. Maka tak heran jika harga nya juga lebih mahal dibanding cat primer berbasis minyak. Cat primer ini biasanya digunakan untuk lapisan permukaan tembok yang baru saja di plester.

Cat primer berbasis minyak

Jika ingin menggunakan cat primer berbasis minyak ini. Maka anda juga harus menyediakan tiner sebagai bahan campurannya. Cat ini biasa digunakan untuk mengecat besi, kusen pintu, daun pintu dan lain sebagainya.

2. Cat akhir

Lapisan berikutnya ada cat akhir. Setelah menggunakan cat dasar/sealer, selanjutnya gunakan cat akhir untuk memunculkan warna indah pada dinding. Cat ini memiliki banyak sekali variasi warna yang bisa anda pilih sesuai dengan kesukaan. 

3. Top coat

Cat ini memiliki fungsi sebagai lapisan cat akhir atau bisa disebut dengan cat clear. Gunanya untuk membuat warna cat menjadi mengkilap/glossy pada permukaan benda yang di cat.

Itulah beberapa jenis cat beserta fungsi dan kegunaanya. Semoga dengan ini menjadi kita lebih mengetahui jenis jenis cat yang ada dan yang sering kita gunakan. 

Post a Comment for "14 Jenis Cat Beserta Kegunaannya, Wajib Kamu Ketahui Nih !"