Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menggunakan Cat Minyak Tembok

 Banyak orang yang bertanya, apakah cat minyak bagus untuk tembok ? Iya bagus, selama cara penggunaannya itu benar. Selain itu harganya lebih murah dan juga proses mengecatnya juga lebih sederhana.

Namun daalam menggunakan cat minyak pada tembok. Ada beberapa cara yang harus diperhatikan. Agar hasil catnya terlihat lebih maksimal. Untuk itu, saya akan memberikan beberapa cara mengaplikasikan cat minyak pada tembok.

Langkah Menggunakan Cat Minyak Untuk Tembok

Bagi anda yang belum pernah sama sekali menggunakan cat minyak tembok ini. Sebaiknya ikutin langkah demi langkah dibawah ini agar tidak salah dalam menggunakannya. 

1. Persiapan alat dan bahan

Gambar : Pixabay

Sebelum memulai sesuatu. alangkah baiknya anda menyiapkan alat berupa kuas dan juga bahan cat minyak yang ingin digunakan. Untuk memilih cat minyak tembok yang bagus. Anda bisa membaca artikel yang berjudul Rekomendasi Cat Minyak Kayu Dan Besi Yang Bagus. Cat minyak tersebut dapat anda aplikasikan juga pada tembok yang ingin di cat.

2. Jangan menggunakan plamir

Kan bagus jika menggunakan plamir ? Memang benar, namun hal ini tidak berlaku jika anda menggunakan cat minyak untuk tembok. Sebab, plamir akan mengurangi daya rekat cat minyak pada tembok/dinding. Selain itu, penggunaan plamir juga dapat mengurangi intensitas warna pada cat minyak. Jadi intinya penggunaan plamir untuk mengecat dengan cat minyak tidak disarankan.

3. Lihat cuaca pada saat mengecat

Gambar : Pixabay

Hal ini berlaku jika anda ingin mengecat bagian dinding luar rumah. Sebab, penggunaan cat minyak tidak bisa dilakukan ketika musim penghujan. Hal ini dapat berakibat merusak lapisan cat apabila terkena hujan pada saat belum mengering.

4. Bersihkan dinding yang ingin dicat

Saat sudah ingin memulai, sebaiknya bersihkan dulu bagian dinding yang akan anda cat.Hal ini bertujuan agar hasil cat minyak dapat melekat dengan sempurna. 

5. Pastikan tembok dalam keadaan kering

Hal ini wajib anda perhatikan dengan sungguh-sungguh. Sebab tembok yang dalam keadaan lembab akan membuat cat minyak tidak melekat dengan sempurna. Jadi anda harus memastikan bahwa dinding benar-benar kering, ya.

6. Memulai pengecatan tembok

Gambar : Istockphoto

Jika sudah yakin tembok benar-benar kering. Anda bisa langsung saja mengecatnya tanpa menggunakan warna dasar sekalipun. Namun ingat jangan lupa untuk mencampurkan cat minyak tembok dengan thinner terlebih dahulu.

7. Perhatikan bagian yang dicat

Pada saat mengecat, sebaiknya kerjakan secara teliti dan jangan lupa untuk memperhatikan setiap bagian yang dicat. Umumnya menggunakan cat minyak pada tembok, membutuhkan dua kali lapisan cat agar hasilnya maksimal.

8. Waktu pengeringan

Setelah selesai mengecat semua bagian dinding. Anda harus menunggu beberapa jam sampai cat benar-benar kering total. Setiap merk cat memiliki waktu pengeringan yang berbeda-beda. Anda dapat mengetahuinya pada keterangan yang ada pada kaleng cat tersebut.

9. Bersihkan debu yang menempel, ''jika ada''

Biasanya setiap pengecatan, ada saja debu yang menempel pada dinding yang telah di cat. Anda dapat membersihkannya jika memang cat tersebut telah kering total. Bersihkan dengan menggunakan busa atau kain kering secara perlahan.

Bagaimana, mudah bukan. Tidak ada yang sulit dalam menggunakan cat minyak tembok ini. Asalkan dilakukan dengan tepat. Untuk pemilihan warna cat minyak tembok juga sangat banyak. Jadi anda tidak perlu khawatir akan keterbatasan dalam memilih warna. 

Post a Comment for "Cara Mudah Menggunakan Cat Minyak Tembok"