Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Cat Epoxy Lantai Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Cat Epoxy Lantai

 Masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai jenis cat epoxy lantai ini. Padahal cat epoxy ini sudah banyak digunakan pada lingkungan industri, komersial dan juga rumah tangga. Namun tetap saja banyak orang yang belum menyadarinya. 

Disini saya akan membahas 5 jenis cat epoxy lantai yang umum digunakan oleh para aplikator. Sebelum membahas lebih lanjut. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai cat epoxy ini. Apa itu cat epoxy ? 

Epoxy merujuk pada jenis zat kimia. Umumnya epoxy ini digunakan untuk fungsi tertentu saja. Sehingga, epoxy juga bisa disebut dengan jenis resin dari proses polimerisasi dan epoxyda. Cat epoxy memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai perekat, pewarna, dan juga coating. 

Biasanya, bahan epoxy akan diaplikasikan bersamaan dengan bahan hardener atau bahan pengeras. Jadi cat epoxy ini tidak hanya untuk lantai saja. Namun bisa juga untuk bahan material lainnya.

Setelah mengetahui apa itu cat epoxy, selanjutnya saya akan membahas mengenai jenis cat epoxy lantai yang perlu kamu ketahui. 

Jenis Cat Epoxy Lantai

Ada 5 jenis cat epoxy lantai yang perlu di pahami. Kelima jenis tersebut terbagi dalam dua kategori. Dimana 3 diantaranya berdasarkan material dan 2 diantaranya berdasarkan pengaplikasiannya. Untuk itu, langsung saja anda simak ulasan dibawah ini.

Jenis cat epoxy lantai berdasarkan material

1. Epoxy mortar

Banyak yang mengira jenis epoxy mortar ini sama dengan semen pada umumnya. Tentu hal ini sangat jelas keliru. Sebab, epoxy mortar merupakan hasil kombinasi material atau aditif tambahan yakni pasir silika. Jenis epoxy ini digunakan pada permukaan beton dan mampu menopang beban seberat 7 ton.

Selain itu, epoxy mortar juga sering dijadikan solusi untuk perbaikan beton yang sudah rusak atau juga berlubang. Kelebihan dari epoxy mortar ialah memiliki ketahanan ekstra terhadap benturan dan kimia, proses pengeringan yang super cepat dan sangat mudah diaplikasikan.

2. Epoxy coating/lapisan tipis

Epoxy coating digunakan untuk membuat permukaan yang sangat keras, kuat, tahan bahan kimia dan juga tahan lama. Walaupun lapisan coating ini terbilang tipis, namun bukan berarti lapisan ini mudah rusak. Biasanya epoxy coating diaplikasikan pada 3 lapisan, sehingga dapat membentuk ketebalan yang diinginkan. 

Adapun lapisan tersebut berupa, epoxy primer, lapisan body dan lapisan finishing/top.

3. Epoxy self-leveling

Jenis cat epoxy self-leveling ini biasanya digunakan untuk permintaan ketebalan 1000 microns atau lebih. Sesuai dengan namanya "self-leveling", memiliki keunggulan dapat meratakan sendiri/mampu menyembuhkan lantai dengan sendirinya. 

Ketika epoxy diaplikasikan pada lantai, maka cat akan menyebar guna mengisi celah di lantai beton anda. Sehingga dapat menciptakan permukaan lantai yang mulus. Namun, self-leveling ini harus diterapkan dalam jumlah yang sudah ditentukan. Sebab, apabila terlalu sedikit, maka akan mempengaruhi sifat self-levelingnya itu sendiri.

Setelah mengetahui jenis cat epoxy lantai berdasarkan material. Selanjutnya ada 2 jenis cat epoxy berdasarkan cara pengaplikasiannya. Seperti yang sudah dijelaskan dibawah ini :

Jenis cat epoxy lantai berdasarkan pengaplikasiannya

1. Epoxy metalic

Epoxy metalic

Epoxy metalic floor atau lantai merupakan varian lain dari cat epoxy dengan pigmen metalik yang dicampur di dalamnya. Ini merupakan teknik pengaplikasian tingkat lanjut dan hanya dapat dilakukan oleh ahlinya. Hasil dari pengaplikasian memiliki corak yang hampir mirip dengan keramik granit pada umumnya. 

Namun, hasil akhir cat epoxy metalic ini ditentukan oleh aplikator yang mengerjakannya. Bagi dunia industri, menggunakan epoxy metalic tidak hanya memberikan manfaat secara visual dengan nilai estetika tinggi saja. Akan tetapi juga memiliki banyak keunggulan lainnya, seperti untuk masa pakai yang tahan lama, tingkat menguning rendah, permukaan yang mulus, anti bakteri, anti licin, dan tahan terhadap kimia.

2. Epoxy 3d floor

epoxy 3d floor

Epoxy 3d floor bukan lah suatu hal yang baru. Namun memang kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Namun yang perlu kamu ketahui. Gambar 3 dimensi pada lantai bukanlah sebuah lukisan langsung dari aplikator. Melainkan gambar tersebut merupakan hasil cetakan yang kemudian di tempel pada lantai lalu dilapisin epoxy clear alias resin bening agar membentuk sebuah lapisan seperti efek kaca.

Walaupun begitu, cara ini harus dilakukan oleh ahlinya. Dan hal ini membutuhkan lapisan cat epoxy yang cukup banyak. Sebelum melakukan epoxy 3d floor, tentunya permukaan lantai sudah halus terlebih dahulu. Lalu di cat menggunakan epoxy primer agar dapat melindungi komponen permukaan. Lalu di cat kembali menggunakan epoxy hardener agar permukaan lantai terlihat jernih dan bening serta terhindar dari goresan.


Itulah 5 jenis cat epoxy lantai berdasarkan material dan juga cara pengaplikasiannya. Semoga hal ini dapat menambah ilmu pengetahuan anda dalam dunia pengecatan. 

Post a Comment for "5 Jenis Cat Epoxy Lantai Yang Perlu Anda Ketahui"