Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cat Tembok: Kombinasi dan Cara Pengecatan Terbaik

Cara Cat Tembok

 Di era yang sudah modern ini, pemilihan cat pada hunian tentu harus selektif. Mengingat pembawaan warnanya sangat memengaruhi tampilan rumah. Apalagi proses pencampuran warna serta cara cat tembok juga akan memberikan kesan warna berbeda. Jadi, perlu berhati – hati dalam mengecat.

Tips Menentukan Warna Cat Tembok 

Proses menentukan warna pada cat rumah memang memerlukan waktu yang tidak bisa singkat, karena harus dipilih dan dipertimbangkan secara matang. Supaya mampu memberikan hasil yang sesuai dengan ekspektasi. Apalagi warna yang diinginkan tidak ada, jadi harus mencampurkannya.

Jika sampai salah dalam memadukan warna, tentu akan berakibat penampilan tembok menjadi kacau dan warnanya merusak suasana ruangan. Pada umumnya, di dalam cakram ada sekitar 3 macam warna base atau dasar. Seperti merah, kuning dan juga biru. Anda bisa mematok dari warna tersebut.

Baca jugaJenis Jenis Cat Bangunan Dan Fungsinya

Setiap penghuni rumah yang ingin memiliki rumah dengan warna tembok idaman, mereka bisa menemukan warnanya yang dipadukan dari 3 warna base tadi. Seperti misalnya saja memilih warna yang bersebelahan langsung dengan cakram warna. Jadi, lebih mudah menemukan warna favorit.

Langkah Mudah Memadukan Warna Cat Tembok Supaya Nampak Nyaman 

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa sedikitnya salah memilih warna cat tembok. Maka akan berdampak fatal pada hasilnya. Apalagi bila warna yang diinginkan tidak tersedia, jadi harus mengombinasikannya sendiri dengan warna dasar. Berikut ada tips lain yang bisa diterapkan.

1. Mengetahui Rekomendasi Perpaduan Warna Pada Cat Tembok 

Salah satu hal yang harus Anda ketahui sebelum memadukan warna cat tembok, karena tidak tersedia warna sesuai keinginan / ekspektasi. Kenali terlebih dahulu rekomendasi dari perpaduan warnanya. Tujuannya, supaya saat mulai mengombinasikan hasilnya akan sama sesuai yang diharapkan.

Perpaduan warna tersebut antara lain, seperti kuning dan oranye akan menghasilkan nuansa yang lebih cerah. Ada peach bercampur hitam yang hasilnya akan jauh lebih terlihat feminim tapi tegas. Merah dengan abu – abu akan menghasilkan warna yang terkesan minimalis dan masih banyak lagi.

2. Mengombinasikan Warna Menggunakan Teknik Horizontal 

Setelah mengetahui rekomendasi dari berbagai macam warna untuk suatu ruangan sebelumnya, Anda bisa melanjutkan untuk menggunakan teknik horizontal sebelum mengaplikasikannya ke tembok. Cara ini sudah terbukti ampuh dalam mengecat, supaya mampu memberikan hasil bagus.

Seperti misalnya dengan mengombinasikan warna yang cenderung gelap bagian atas, lalu pembawaan warna cerah di bagian bawah. Bisa juga sebaliknya, semuanya terserah Anda. Dengan memadukan warna cat tembok memakai teknik horizontal ini bisa membuat ruangan lebih nyaman.

3. Memadukan Warna Tembok Secara Vertikal 

Selain menggunakan cara / teknik secara horizontal. Anda juga bisa memadukan warna cat tembok secara vertikal. Hasilnya juga tidak kalah menarik dan jauh lebih beragam dari cara sebelumnya. Akan sangat cocok bila menerapkan langkah ini pada ruangan kamar, supaya suasananya nyaman.

Menurut informasi lengkapnya, memadukan cat tembok secara vertikal ini bisa Anda terapkan di segala macam ruangan. Jadi, tidak hanya untuk kamar saja melainkan di ruang tamu juga bisa. Berbeda dengan horizontal yang memberikan kesan hangat, vertikal justru memberi nuansa elegan.

4. Menerapkan Satu Tembok Satu Warna 

Cara Cat Tembok

Nah, untuk cara mengecat satu ini sudah banyak sekali masyarakat terapkan pada hunian barunya. Itu karena cara pengaplikasiannya terkesan jauh lebih mudah, daripada ribet. Hasilnya juga tidak kalah bagus. Menjadikan suatu ruangan memiliki suasana yang lebih menyenangkan.

Dengan menerapkan satu tembok satu warna ini, Anda bisa menerapkannya di ruangan seperti ruang tamu, dapur, kamar tidur atau bahkan ruang keluarga sekali pun. Namun, sebelum itu harus menentukan warna apa yang sesuai dengan suasana ruangannya agar terkesan tampak nyaman.

5. Menerapkan Teknik Gradasi Warna 

Untuk teknik satu ini, hasilnya jauh lebih bagus dan menarik dari cara sebelumnya. Namun, bukan berarti langkah sebelum ini buruk. Akan tetapi, penerapan pengecatan tembok dengan teknik gradasi ini mampu menghasilkan tembok yang lebih unik dan menarik. Seakan merupakan hasil dari seniman.

Bagaimana tidak, gradasi warna ini artinya mencampurkan warna satu dengan lainnya dalam satu tembok. Jadi, hasilnya akan terlihat lebih unik dan seakan sedang melukis sesuatu secara abstrak. Anda bisa menerapkan cara ini pada kamar tidur atau ruang keluarga, pilihlah warna yang cerah saja.

Cara Mengecat Tembok Secara Benar dan Mudah 

Setelah mengetahui berbagai macam warna menarik dan teknik pengecatannya, kini saatnya Anda harus tahu bagaimana cara mengecat dengan baik dan benar. Supaya hasilnya sesuai dengan ekspektasi atau keinginan. Jadi, ruangan akan terlihat lebih indah dan menenangkan.

1. Persiapkan Peralatan Secara Lengkap dan Membersihkan Tembok 

Cara Cat Tembok

Langkah pertama yang harus Anda lakukan, yaitu mempersiapkan peralatannya secara lengkap. Mulai dari bak catnya, kuas untuk mengecat, kaleng air, roller, masking tape, lakban, tangga, dempul dan juga koran. Secara tidak langsung, cara ini lebih menghemat waktu jika melakukannya sejak awal.

Setelah peralatan semuanya lengkap, saatnya membersihkan tembok terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan. Tujuannya, supaya debu yang menempel bisa menghilang dan catnya bisa menempel dengan cukup baik.

2. Menutup Bagian Tembok yang Tidak Dicat dan Retakan Temboknya

Sebelum melakukan pengecatan, Anda harus berhati – hati dan jagalah barang – barang maupun sudut ruangan lain yang tidak akan dicat dengan cara menutupnya. Seperti misalnya saja gagang pintu, bingkai jendela, tepi plafon lain – lain. Bisa menutupnya juga degan masking tape.

Jikalau memang ada retakan pada temboknya, jangan lupa untuk menutupinya juga. Anda bisa menggunakan dempul lalu mengamplas untuk menutupnya. Jadi, permukaan tembok menjadi lebih halus dan terlihat rata seperti bagian lain.

3. Mengaduk Cat dan Mencampurkannya Dengan Water Base / Solvent 

Agar mendapatkan hasil yang lebih optimal dan sempurna serta mencegah terjadinya gumpalan pada cat. Anda harus mengaduk catnya terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya ke tembok. Paling tidak aduklah sekitar kurang lebih 5 menitan.

Lalu untuk mendapatkan hasil akhir yang nyata, tahan lama dan lebih halus. Anda harus mencampurkan cat temboknya denga water base / solvent supaya tidak mudah mengelupas. Bisa juga menambahkan wall sealer dengan tujuan menyesuaikan pH semen di tembok dengan pH tembok.

4. Memberikan Warna Base dan Menggunakan Kuas Kecil 

Jikalau Anda ingin mengecat tembok dengan warna selain putih, akan lebih baik bila mengamplasnya terlebih dahulu untuk menghilangkan warna cat sebelumnya. Namun, jika tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya, cukup tambahkan dengan cat putih saja dulu.

Sebagian besar masyarakat saat ini lebih memilih untuk menggunakan roller daripada kuas saat mengecat. Namun, tahukah Anda bila memakai roller justru temboknya tidak memiliki warna yang rata. Masih ada bagian yang tidak terkena cat, jadi lebih baik memakai kuas kecil saja.

Seperti itulah penjelasan secara detail dan juga lengkap, mengenai informasi cara cat tembok beserta dengan tips memadukan warna cat tembok dengan baik dan benar. Dengan begitu, hasilnya bisa sesuai ekspektasi atau keinginan Anda.


Post a Comment for "Cara Cat Tembok: Kombinasi dan Cara Pengecatan Terbaik"