Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cat Epoxy Lantai : Jenis, Merk Dan Cara Pengaplikasian

Cat Lantai Epoxy

 Cat epoxy lantai sudah umum digunakan pada lingkungan industri, komersial dan juga rumah tangga. Namun tetap saja masih ada orang yang belum paham akan jenis maupun kegunaannya.

Apa Itu Cat Epoxy ?

Epoxy adalah sebuah jenis zat kimia yang digunakan untuk fungsi tertentu saja. Sehingga, epoxy juga bisa disebut dengan jenis resin dari proses polimerisasi dan epoxyda. Cat epoxy memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai perekat, pewarna, dan juga coating. 

Biasanya, bahan epoxy akan diaplikasikan bersamaan dengan bahan hardener atau bahan pengeras. Jadi cat epoxy ini tidak hanya untuk lantai saja. Namun bisa juga untuk bahan material lainnya. 

Jenis Cat Epoxy Lantai

Ada 5 jenis cat epoxy lantai yang perlu diketahui. Kelima jenis tersebut terbagi dalam dua kategori. Dimana 3 diantaranya berdasarkan material dan 2 diantaranya berdasarkan pengaplikasiannya. Langsung saja yuk simak ulasannya dibawah ini.

Baca juga : Jenis Jenis Cat Bangunan Dan Fungsinya

Jenis Cat Epoxy Lantai Berdasarkan Material

Jenis epoxy lantai yang dibedakan berdasarkan material terdiri dari Epoxy mortar, Epoxy coating dan Epoxy self-leveling. Apa saja kelebihan dan kegunaan dari ketiga jenis tersebut. Mari simak langsung dibawah ini.

1. Epoxy Mortar

Banyak yang mengira jenis epoxy mortar ini sama dengan semen pada umumnya. Tentu hal ini sangat jelas keliru. Sebab, epoxy mortar merupakan hasil kombinasi material atau aditif tambahan yakni pasir silika. Biasanya jenis epoxy ini digunakan pada permukaan beton yang memiliki berat beban seberat 7 ton.

Selain itu, epoxy mortar juga sering dijadikan solusi untuk perbaikan beton yang sudah rusak atau juga berlubang. Kelebihan dari epoxy mortar ialah memiliki ketahanan ekstra terhadap benturan dan kimia, proses pengeringan yang super cepat dan sangat mudah diaplikasikan.

2. Epoxy Coating / Lapisan Tipis

Epoxy coating digunakan untuk membuat permukaan yang sangat keras, kuat, tahan bahan kimia dan juga tahan lama. Walaupun lapisan coating ini terbilang tipis, namun bukan berarti lapisan ini mudah rusak. Biasanya epoxy coating diaplikasikan pada 3 lapisan, sehingga dapat membentuk ketebalan yang diinginkan. 

Adapun lapisan tersebut berupa, epoxy primer, lapisan body dan lapisan finishing / top.

3. Epoxy self-leveling

Jenis cat epoxy self - leveling ini biasanya digunakan untuk permintaan ketebalan 1000 microns atau lebih. Sesuai dengan namanya "self-leveling", yang artinya memiliki keunggulan dapat meratakan sendiri / mampu menyembuhkan lantai dengan sendirinya. 

Ketika epoxy ini diaplikasikan pada lantai. Maka cat akan menyebar guna mengisi celah di lantai beton tersebut. Sehingga dapat menciptakan permukaan lantai yang mulus. Namun, self-leveling ini harus diterapkan dalam jumlah yang sudah ditentukan. Sebab, apabila terlalu sedikit, maka akan mempengaruhi sifat self-levelingnya itu sendiri.

Jenis Cat Epoxy Lantai Berdasarkan Pengaplikasiannya

Berbeda dengan jenis cat epoxy lantai diatas. Cara pengaplikasian Epoxy metalic dan Epoxy 3D Floor perlu dilakukan oleh para aplikator yang sudah ahli. Sehingga anda harus menyewa jasa  khusus untuk jenis cat epoxy yang satu ini.

1. Epoxy Metalic

Epoxy metalic floor merupakan varian lain dari cat epoxy dengan pigmen metalik yang dicampur di dalamnya. Ini merupakan teknik pengaplikasian tingkat lanjut yang hanya dapat dilakukan oleh para aplikator yang sudah ahli dibidangnya. Hasil dari teknik pengaplikasian  ini memiliki corak yang hampir mirip dengan keramik granit pada umumnya. 

Namun, hasil akhirnya ditentukan oleh aplikator yang mengerjakannya. Seringnya, cat epoxy lantai ini digunakan untuk dunia industri. Karena dianggap memiliki beberapa keuntungan, seperti : memberikan manfaat secara visual, masa pakai yang tahan lama, tingkat menguning rendah, permukaan yang mulus, anti bakteri, anti licin, dan tahan terhadap kimia.

2. Epoxy 3d Floor

Epoxy 3d floor bukan lah suatu hal yang baru. Namun memang kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Namun yang perlu kamu ketahui. Gambar 3 dimensi pada lantai bukanlah sebuah lukisan langsung dari aplikator. Melainkan gambar tersebut merupakan hasil cetakan yang kemudian di tempel pada lantai lalu dilapisin epoxy clear alias resin bening agar membentuk sebuah lapisan seperti efek kaca.

Walaupun begitu, cara ini tetap saja harus dilakukan oleh para ahlinya. Dan hal ini membutuhkan lapisan cat epoxy yang cukup banyak. Sebelum melakukan epoxy 3d floor, tentunya mereka akan memastikan bahwa permukaan lantai sudah benar - benar halus. Kemudian baru lah dicat menggunakan epoxy primer agar dapat melindungi komponen permukaan. 

Setelah itu, dilanjut dengan mengecat kembali menggunakan epoxy hardener agar permukaan lantai terlihat jernih / bening serta terhindar dari goresan. 

Merk Cat Epoxy Lantai Terbaik

Jika anda berencana menggunakan cat epoxy lantai baik itu untuk industri maupun rumah pribadi sebagai pengganti keramik. Ada beberapa pilihan cat epoxy yang bisa anda pilih sesuai dengan keperluannya. 

1. Cat Epoxy Lantai Puffin

Cat puffin epoxy

Puffin merupakan salah satu merk ternama yang mengeluarkan cat epoxy untuk lantai. Ada sebanyak 13 produk epoxy lantai yang diproduksi oleh puffin, diantaranya :

Epoxy Primer Cat dasar epoxy untuk lantai yang tingkat konsentrat asam tinggi / tahan kimia.

Epoxy Primer DampersCat dasar epoxy untuk permukaan atas keramik / beton umur dibawah 1 bulan / lantai lembab.

Puffin Epoxy Bc Tahan Kimia 40% Cat bodycoat epoxy untuk lantai dengan tingkat keasaman tinggi / tahan kimia hingga 40% konsentrat asam.

Puffin Epoxy Bc Tahan Kimia 70%Cat bodycoat epoxy untuk lantai yang keasaman tinggi / tahan kimia hingga 70% konsentrat asam. Sangat cocok untuk industri peleburan seperti: emas, tembaga, pabrik peleburan timah, pabrik pupuk.

Puffin Epoxy Chemical Resistant Top 40%Cat topcoat epoxy untuk lantai yang tingkat keasaman tinggi / tahan kimia dengan tingkat hingga 40% konsentrat asam.

Puffin Epoxy Tahan Kimia Top 70%Cat topcoat epoxy untuk lantai yang keasaman tinggi / tahan kimia hingga 70% konsentrat asam. Sangat cocok untuk industri peleburan seperti: emas, tembaga, pabrik peleburan timah, pabrik pupuk.

Puffin Epoxy Multi LayerCat topcoat epoxy untuk lantai. Sangat cocok untuk lantai wc, dapur, tangki air, lab, garasi, meja counter top.

Puffin Epoxy PrimerCat dasar epoxy untuk permukaan lantai.

Puffin Epoxy Primer High TrafficCat dasar epoxy untuk permukaan lantai yang tingkat mobilitas tinggi.

Puffin Epoxy Semi Self LevelingCat topcoat epoxy untuk lantai. Sangat cocok untuk lantai wc, dapur, tangki air, lab, garasi, meja counter top.

Puffin Epoxy Top Coat Self LevelingCat topcoat epoxy untuk lantai. Sangat cocok untuk lantai wc, dapur, tangki air, lab, garasi, meja counter top.

2. Propan

propan epoxy paint

Propan juga salah satu merk ternama yang menghadirkan berbagai jenis cat epoxy pada lantai. Masing-masing jenis tersebut dapat anda pilih sesuai kebutuhan yang diperlukan. Adapun varian propan epoxy paint diantaranya :

MULTIPOX MX-98-2K SB : Cat epoxy serbaguna ini merupakan varian terbaru dari produk Multipox. Cat ini di khususkan sebagai lapisan akhir pada berbagai macam substrat seperti besi, kayu, gipsum, mdf, keramik, dan juga beton. Sangat cocok jika diaplikasikan pada area yang memerlukan tingkat kebersihan, kehigienisan yang tinggi dan tahan air.

Propan EPOXY FAST DRY Coating EP-95-2K FD : Kalau yang ini merupakan suatu trobosan terbaru dari Laboratorium R&D Propan Raya. Cat epoxy coating ini memiliki keunggulan yaitu cepat kering dalam tempo waktu 4 jam saja, dan area pun siap untuk digunakan. Tak hanya untuk lantai, namun ini juga bisa diaplikasikan pada dinding yang terbuat dari beton, kayu, metal, gypsum, mdf, keramik, dan lain-lain.

MULTIPOX MX-99 : Merupakan cat lapisan akhir dua komponen yang di fungsikan pada subtrat seperti beton, besi, kayu, gypsum, GRC dan lain sebagainya. Cat epoxy ini juga tahan terhadap kimia ringan seperti oli, solar, bensin, bahan bahan asam, alkali, aromatic solvent, dll.

EPOGREEN EPG-233-2K WBCat lantai epoxy generasi terbaru ini menggabungkan bahan dasar resin Epoxy, acrylic dan juga water based. Sehingga menjadikannya sangat berbeda dengan cat epoxy yang sudah ada sebelumnya. Selain digunakan untuk aplikasi lantai. Cat ini juga bisa digunakan untuk di aplikasikan pada dinding dengan ketebalan yang tipis.

POLYFLOOR EPOXY : Merupakan cat yang menghasilkan flooring yang sangat rata dengan ketahanan abrasi yang tinggi. Cat ini terdiri dari 3 jenis, diantaranya :
1. Solvent Base = PFT-253-2K SB
2. Solvent Free = PFT-213-2K SF
3. Solvent Free Mastic = PFT-215 M-2K SF

MULTIPOX MX-94 : Cat epoxy lantai yang memiliki 2 kompenen epoxy resin yang bermutu. Diformulasikan khusus untuk lapisan akhir pada berbagai media seperti lantai rumah tangga, pabrik dll. Cat epoxy ini memiliki keunggulan tahan terhadap zat kimia rumah tangga, tahan terhadap abrasi dan memiliki daya lekat yang baik.

POLYFLOOR PU EPOXY HYBRID PUEP-216-2K SF : Ini merupakan sebuah hasil dari inovasi terbaru yang dilakukan R&D Propan raya. Cat ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya tidak licin dan anti selip, lapisan film lebih fleksibel, anti jamur dan kedap air, tahan terhadap zat kimia dan masih banyak keunggulan lainnya.

POLYFLOOR SEALER : Sesuai dengan namanya. Cat epoxy ini berfungsi sebagai cat dasar agar memperkuat cat lapisan diatasnya. Selain itu cat ini juga berfungsi sebagai ketebalan lapisan film. Polyfloor sealer terdiri dari 5 jenis diantaranya PFP 211, 241, 251, 261 dan 281. Setiap jenis memiliki pasangan top coatnya masing-masing.

DEFLAKES : Cat ini mengkombinasikan antara resin epoxy dengan taburan acrylic paper. Dengan memiliki banyak varian macam ukuran dan warna acrylic paper sehingga tidak hanya membentuk sebuah lapisan lantai yang kuat dan tanpa sambungan. Akan tetapi juga sangat estetis. Deflakes dapat diaplikasikan mulai dari ketebalan 500 mikron hingga 1 mm.

3. Danapaint

Danapaint merupakan salah satu produsen cat terkenal yang menghadirkan cat epoxy lantai. Adapun cat lantai epoxy andalannya ialah :
Upox danapaint

Upox Danapaint : Merupakan cat dua komponen yang dibuat dari bahan epoxy, dengan daya lekat yang sangat baik. Upox dapat diaplikasikan di lantai, kolam, lantai kamar mandi, basement/parkiran, beton, baja, dan kayu. Cat epoxy ini memberikan tampilan akhir yang mengkilap.

4. Epodur 0800

Cat epoxy epodur

Cat epoxy dari pacific paint ini terdiri dari dua komponen yang diformulasikan dari resin epoxy yang kemudian direaksikan dengan polyamida. Hasil finishingnya mengkilap, tidak menyerap dan juga tahan terhadap zat kimia. Waktu pengeringannya juga tidak terlalu lama. Untuk kering sentuh membutuhkan waktu 2 jam dan kering total hanya membutuhkan waktu 8 jam. 

Epodur 0800 memiliki keunggulan diantaranya :
  • Daya tutup terbaik di kelasnya
  • Cepat kering
  • Mudah dibersihkan
  • Mudah diaplikasikan
  • Tidak mudah kotor dan anti noda

5. Decolux Epoxy Flooring

Decolux Epoxy Flooring

Decolux epoxy merupakan cat solvent-base dua komponen berbahan dasar epoxy yang diperuntukan untuk pengecatan pada permukaan lantai beton. Cat ini menghasilkan permukaan lapisan yang sangat halus dan juga mengkilap. Sehingga lantai pun menjadi mudah dibersihkan. Tak hanya itu, cat ini juga memiliki daya lekat yang sangat baik, tahan terhadap goresan/abrasi, tahan terhadap asam, alkali, jamur, dan bermacam – macam bahan kimia tertentu.

6. Epoxy EpoTone

Epoxy EpoTone

Cat epoxy Epo-Tone Flooring Topcoat adalah cat epoxy dua komponen khusus lantai yang terbuat dari beton, kayu ataupun baja. Cat ini menghasilkan tampilan yang kilap dan memiliki beberapa varian warna menarik. Sama seperti cat epoxy pada umumnya, Epotone juga memiliki daya rekat yang kuat, tahan terhadap zat kimia dan higienis.

Itulah beberapa pembahasan mengenai cat epoxy lantai, mulai dari jenis, cara pengaplikasian 3d floor dan juga merk cat epoxy terbaik. Semoga dengan pembahasan ini membuat anda lebih paham dengan yang namanya cat lantai epoxy.

Post a Comment for "Cat Epoxy Lantai : Jenis, Merk Dan Cara Pengaplikasian"