Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cat Semprot dan Informasi Penting Lainnya

Cat Semprot

 Pada umumnya, cat semprot ini akan seringkali digunakan di lukisan mural / grafiti. Bentukan cat ini dikemas dalam kemasan kaleng aerosol. Jadi, penggunaannya akan lebih memudahkan pengguna jika ingin mengecat lebih efektif dan instan. Bahkan cat ini juga tersedia dengan bentuk pistol.

Apa Itu Cat Semprot?

Cat semprot atau terkenal dengan sebutan spray paint, termasuk ke dalam kategori cat yang dapat Anda bedakan sesuai dengan cara pengaplikasiannya. Biasanya cat ini sengaja dibuat khusus, supaya lebih ideal saat pengguna pakai dalam metode spraying. Mengingat hanya semprot saja.

Pada umumnya, manufaktur spray paint ini memerhatikan ukuran partikat cat, lamanya pengeringan, bahan utama serta tingkat keamanan pada produk. Jadi, semua hal tersebut merupakan bahan pertimbangan produsen dalam menciptakan cat semprot. Produk ini juga memiliki banyak macamnya.

Seperti cat khusus di tembok, kayu, rotan dan bahkan ada juga cat semprot yang bisa digunakan pada motor serta mobil. Pembuatan catnya sendiri berdasarkan dengan aspek kepraktisan, mulai dari pengerjaan finishing lebih cepat, hemat tenaga, serta detail dan juga sulit. Misal furniture serat alam.

Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memakai Cat Semprot

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, ilmu bidang seni juga ikut mengalami perubahan secara signifikan. Bagi para pecinta seni lukis, mereka bisa lebih mengekspresikan karyanya dengan bantuan cat semprot yang tersedia dari berbagai macam warna menarik dan unik.

1. Mempersiapkan Strategi yang Pelan tapi Pasti 

Perlu Anda ketahui, bahwa dalam rangka menggunakan cat semprot itu tidak boleh tergesa – gesa. Langkah pertama yang harus diperhatikan sebelum mengaplikasikannya, yaitu memastikan terlebih dahulu supaya hasil warna dari catnya tidak luntur di permukaan vertikal. Caranya cukup mudah saja.

Semprotkan catnya di lapisan pertama dengan lebih tipis, lalu biarkan kering terlebih dahulu setelah itu baru bisa lanjut mengecat lapisannya. Intinya, strategi pada cat semprot merupakan memberikan coating dulu di tiap permukaan vertikal. Semprotkan dikit saja agar tidak luntur, lanjutkan lagi di bagian horizontal.

2. Tidak Mengayun Saat Melakukan Pengecatan

Dalam menggunakan cat semprot, tentu ada beberapa teknik yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Mengecat suatu permukaan tidak boleh sembarangan, apalagi caranya adalah dengan melakukan penyemprotan. Salah sedikit bisa berakibat lebih fatal daripada mengecat pakai roll saja.

Seperti dengan langkah mengayun, biasanya banyak yang merasakan bahwa cara tersebut cukup natural dalam teknik menyemprot. Namun, akan lebih baik jika Anda menghindari gerakan mengayun catnya. Coba saja lakukan penyemprotan secara paralel / garis lurus. Jadi, permukaannya lebih rapi.

3. Melakukan Penumpukan Lapisan Cat 

Perlu Anda ketahui, bahwa ketika memutuskan untuk menggunakan cat semprot pada suatu permukaan. Maka ada bagian atas / sebelumnya yang akan tertimpa. Nah, untuk dapat memastikan bahwa lapisan catnya itu rata secara menyeluruh. Pastikan untuk posisikan lapisan lanjutannya supaya menumpuk. 

Paling tidak menumpuk sampai sekitar 50% dari lapisan cat sebelumnya. Dengan melakukan cara tersebut, setiap lapisannya akan terdiri dari 2 tumpukan lapisan yang sama. Hal tersebut akan menjadikan warnanya tampak lebih merata dan tentu saja akan terlihat lebih nyata dan juga bagus.

4. Menggunakan Gagang Cat Semprot Khusus 

Pada umumnya, cat semprot ini memiliki banyak sekali macam bentuk dan juga kegunaannya. Apalagi penggunaannya sendiri selalu sering digunakan oleh orang pecinta seni. Mengingat cara menggunakannya cukup mudah, termasuk pengaplikasian di bidang / permukaan yang datar.

Umumnya, kemasan dari cat semprot ini bentuknya berupa tabung tinggi dan ada tombol pencetan kecil tepat di bagian atasnya. Namun, jika Anda ingin menggunakannya untuk proyek DIY. Akan lebih baik menggunakan pegangan khusus untuk catnya. Seperti gagang tambahan maupun aplikator.

5. Tidak Lupa Menggunakan Masker Muka 

cat semprot

Dalam rangka menggunakan cat semprot, Anda direkomendasikan untuk memakai masker muka. Itu karena ada partikel kimia yang ada dalam kandungan cat tersebut. Partikel tersebut sangat mudah untuk bercampur dengan udara. Jadi, penggunaannya untuk mengantisipasi terjadi hal yang buruk.

Komposisi zat kimia tersebut tentu akan sangat berbahaya, karena akan mengganggu paru – paru serta syaraf dalam tubuh. Tidak lupa juga untuk melakukan pengecatan di dalam ruangan saja. itu karena saat berada di area terbuka, akan merusak permukaan dari cat semprot itu sendiri.

6. Menggunakan Alat Bantu Saat Mengecat 

Meskipun terkenal karena penggunaannya yang cukup mudah dan efektif, menggunakan cat semprot ini Anda juga bisa memakai alat bantuan lainnya. Tujuannya, supaya proses pengecatan berjalan dengan lancar. Bahkan berkat bantuan alat tersebut juga akan memberikan dampak hasil catnya.

Anda bisa menggunakan alat bantu cat semprot, seperti misalnya roda putar yang menjadi poros utama ketika sedang mengecat dari berbagai arah. Biasanya ahli cat juga selalu memakai alat bantu untuk menyangga furniture. Misalnya saja seperti paku, agar area kecil di bawah tertutup oleh cat.

7. Menggunakan Primer Sebelum Memakai Cat Semprot 

Primer atau biasanya sering terkenal dengan sebutan cat dasar ini, termasuk lapisan yang dapat menjadikan bagian permukaan jadi lebih rata dan juga halus. Itulah mengapa sebagian besar tukang bangunan yang hendak mengecat dinding, mereka selalu menggunakan cat sebagai primer dulu.

Anda bisa menggunakan primer ini untuk dapat mendempul pada bagian lubang atau permukaan yang terdapat bekas gesekan. Sebelum nanti akan menutupnya dengan cat semprot. Gunakan kertas pasir agar bisa menghaluskan bagian permukaan, supaya setelah pengecatan hasilnya lebih bagus.

8. Menggunakan 2 Kaleng Sekaligus 

cat semprot

Bagi Anda yang sudah terbiasa atau bahkan ahli dalam menggunakan cat semprot. Cobalah untuk lebih menghemat waktu dengan memakai 2 kaleng cat sekaligus. Cara satu ini juga sudah banyak diterapkan oleh sebagian besar para pecinta seni lukis / orang yang hendak mengecat dindingnya.

Caranya juga mudah, pegang kaleng di setiap tangan Anda lalu semprotkan dengan pola gerakan sama. Jikalau memang masih kurang meyakinkan, bisa mencoba terlebih dahulu di permukaan lainnya / bukan asli. Seperti mencoba cat semprot di kardus bekas, bisa cari juga referensi cara di internet.

Cara Menggunakan Cat Semprot 

Tidak semua orang mampu menggunakan cat semprot ini, namun mengingat hasil dari pengerjaan cat tersebut memberikan hasil yang cukup baik. Banyak orang yang antusias untuk mencobanya. Apalagi bagi mereka para pecinta seni lukis baru yang juga ingin mencoba bereksperimen cat.

• Pertama – tama, siapkan medianya

• Kemudian, tidak lupa siapkan alat juga

• Aplikasikan cat semprot dengan spray gun 

• Pastikan menyemprotnya dengan rata

• Lebih baik lakukan tipis – tipis dulu

• Biarkan catnya kering agar bisa menyentuhnya

• Aplikasikan lagi cat semprot bila kurang

• Tunggu hingga mengering sempurna

Baca jugaMerk Cat Semprot Kaleng Terbaik Untuk Motor

Seperti itulah beberapa penjelasan secara lengkap, mengenai informasi cat semprot. Mulai dari pengertiannya, hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan catnya sampai dengan urutan cara mengaplikasikan cat tersebut. Lakukan tutorialnya sesuai arahan, agar hasilnya bagus.

Post a Comment for "Cat Semprot dan Informasi Penting Lainnya"