Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Cat Kayu Terbaik Dan Tahan Lama

Jenis Cat Kayu

 Pada umumnya, jenis cat kayu ini memiliki banyak sekali variasinya. Termasuk merk terkenal yang mampu memberikan kualitas terbaik. Itulah mengapa sebelum menggunakannya, Anda harus selektif dalam memilih produk tersebut. Supaya nanti memberikan hasil pewarnaan yang jauh lebih bagus.

Apa Itu Cat Kayu?

Pengertian dari cat kayu / duco merupakan bahan finishing yang terbuat dari bahan bernama nitrocellulose atau NC. Cat ini mempunyai warna solid, seperti misalnya saja hitam, putih, biru, merah dan masih banyak lagi lainnya. Cat duco seringkali banyak orang campurkan warnanya lebih dari 1.

Dengan begitu, mampu memberikan hasil warna cat baru yang tidak ada. Bahan dalam pembuatan cat duco ini juga sangat bervariasi. Mulai dari melamin, enamel, water based, polyurethane, dan juga epoxy. Cat ini juga seringkali banyak tukang gunakan sebagai bentuk pengecatan pada furniture.

Seperti misalnya saja kursi, lemari dan juga meja. Namun, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern. Penggunaan cat kayu duco ini berubah, karena sekarang sudah menjadi finishing untuk jendela, pintu, dinding dan benda yang terbuat dari besi dan juga kayu.

Kelebihan Dari Penggunaan Cat Kayu Duco

Seperti yang Anda ketahui, bahwa penggunaan cat kayu duco ini sekarang berubah. Tidak hanya untuk furniture dalam rumah saja, namun bisa juga menggunakannya sebagai finishing benda lain. Dalam penggunaannya, cat ini mempunyai kelebihannya sendiri. Kelebihan tersebut antara lain :

1. Warnanya Bisa Dicampur

Salah satu kelebihan dari penggunaan cat kayu duco ini adalah warnanya bisa dicampurkan. Mengingat warna yang customer inginkan berbeda – beda, jadi jika tidak ada satupun warna yang mereka inginkan. Maka pihak toko bisa membantu customernya untuk mencampurkan warnanya.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan warna sesuai keinginan. Mengingat penggunaan dari cat kayu duco begitu banyak dan bervariasi. Seperti untuk lemari, jendela atau bahkan pintu. Pemilihan warna terbaik tentu saja akan memengaruhi tampilan. Jadi, jika memang tidak ada warna sesuai bisa dicampurkan.

2. Hasil Akhir yang Sesuai Keinginan

Selain bisa mengombinasikan warna sampai menghasilkan warna yang sesuai. Anda juga akan mendapatkan hasil finishing / akhir yang cukup baik. Mengingat bahan / kandungan yang ada di dalam cat kayu duco menjadikan lapisan atau permukaan yang dicat tampilannya akan glossy / doff.

Perlu Anda ketahui, bahwa finishing dari penggunaan cat kayu duco yang mampu menghasilkan permukaan yang lebih glossy. Benda apa pun yang dicat akan mudah untuk dibersihkan. Jadi, jikalau kotor pengguna hanya perlu menggunakan lap atau kain basah lain untuk membersihkannya.

3. Cat Kayu Lebih Ekonomis 

Perlu Anda ketahui, bahwa cat kayu duco ini mempunyai beberapa jenis. Salah satunya seperti menggunakan solvent based serta water based. Untuk water based ini, kabarnya jauh lebih mahal dari pada cat solvent. Keekonomisan dari cat water tersebut berkaitan erat dengan pengaplikasian.

Dengan menggunakan cat kayu duco water based, proses pengaplikasiannya lebih cepat kering serta sangat mudah. Apalagi memakai cat ini akan lebih menghemat waktu pengerjaan. Sedangkan untuk versi solvent bahan ini akan menguap jikalau terkena sinar matahari. Bahkan ada efek putih.

Hal Penting Sebelum Membeli Cat Kayu 

Memilih cat kayu duco mungkin terdengar biasa saja, namun sebagian besar orang akan mementingkan soal warnanya. Mengingat warna tersebut akan memengaruhi tampilan kayunya sendiri. Itulah mengapa, sebelum membeli catnya Anda harus benar – benar selektif memilih.

1. Mengetahui Jenis Kayu 

Langkah pertama sebelum membeli cat kayu duco, ketahui terlebih dahulu jenis kayu yang hendak Anda cat. Itu karena setiap kayu mempunyai kandungan serat dan juga kimia yang pastinya berbeda – beda. Seperti pada kayu jati misalnya, bahannya memiliki serat. Jadi, gunakan cat  berbahan dasar air saja.

Dengan begitu, kayu jati tersebut akan terlihat mengkilap dan cantik. Sedangkan untuk kayu yang berasal dari pohon pinus, biasanya mempunyai serat serta warnanya yang tidak begitu rata. Ada baiknya Anda gunakan saja cat kayu duco yang memiliki sifat primer coat. Supaya tetap bagus.

2. Melihat Posisi Furniture / Barang 

Langkah selanjutnya, yaitu dengan melihat posisi dari furniture atau barang yang Anda tempatkan. Itu karena pemilihan cat kayu duco sendiri akan memengaruhi penempatan. Misalnya saja untuk mengecat bagian eksterior, tepatnya di pagar rumah yang biasanya terkena sinar matahari / hujan.

Akan lebih baik jika Anda memiilih cat kayu duco dengan sifat waterproof. Dengan begitu, pagar kayu tersebut tidak akan lapuk, berjamur atau bahkan tumbuh lumut. Sedangkan lantai yang terbuat dari kayu, lebih baik menggunakan cat kayu yang sifatnya dapat melindungi bahan kayu dari gesekan.

3. Memilih Cat Kayu Duco Sesuai Tingkat Transparansi 

Sesuai dengan tingkat transparansi, cat kayu duco biasanya terdiri dari warna solid serta cat pelitur yang sifatnya memang transparan. Untuk cat warna solid ini, mempunyai tingkat kepekatan yang cukup tinggi. Dengan begitu, bagian serat kayunya dapat tertutupi secara sempurna.

Bahkan juga cocok untuk melapisi furniture yang memang terbuat dari bahan kayu modern / minimalis. Untuk cat pelitur transparan, mampu menambahkan sisi kilau di permukaan kayu dan bisa melindungi kayu dari goresan. Dari sifat catnya tersebut, Anda pilih sesuai dengan kebutuhan saja.

4. Memilih Cat Kayu Duco Sesuai Cara Pengaplikasian 

Selain memilih sesuai dengan tingkat transparansi, Anda juga harus memilih cat kayu duco dari segi pengaplikasiannya. Mengingat cara mengaplikasikan cat kayu itu jenisnya terbagi menjadi dua, pertama menggunakan alat semprot dan yang kedua pakai kuas. Pilih yang sekiranya nyaman saja.

Baca jugaRekomendasi Cat Minyak Kayu Dan Besi Yang Bagus

Untuk cat kayu model semprot, biasanya akan banyak orang gunakan untuk melapisi bagian permukaan furniture rumah yang mempunyai banyak sekali bentuk ukiran cukup rumit. Dengan menggunakannya, celah kecil bisa terlapis secara sempurna. Sedangkan kuas cocok untuk kayu rata.

5. Memilih Warna Cat Kayu Sesuai Kebutuhan dan Keinginan 

Memilih Warna Cat Kayu

Melakukan pemilihan warna pada cat kayu duco juga sangat penting. Saat berada di toko bangunan, jangan hanya terpaku pada kartu warnanya saja yang disediakan oleh pihak produsen. Ada baiknya membawa juga potongan kayu sisa dari barang atau furniture di rumah yang nantinya akan dicat.

Itu karena hasil dari warna yang nantinya akan Anda pakai, tentu akan terlihat berbeda mengingat jenis kayu itu juga tidak sama satu dengan lainnya. Daripada sia – sia membelinya, jadi lebih baik untuk mencoba sedikit pada kayu yang sudah dibawa ke toko. Dengan begitu, bisa tahu hasil aslinya.

Jenis Cat Kayu Terbaik 

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, jenis dari cat kayu sendiri terbagi menjadi tiga macam jenis. Dari ketiga jenis tersebut, tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Bahkan penggunaannya / pengaplikasiannya juga berbeda.

Pertama, cat kayu solid merupakan cat yang seringkali orang gunakan untuk bagian permukaan kayu. Kedua, cat dengan efek khusus yang mampu memberikan efek tekstur di permukaan kayunya seperti granit, nuansa antik, retak – retak dan lain – lain.

Sedangkan jenis cat kayu selanjutnya, yaitu cat transparan yang biasanya berfungsi untuk dapat mempertahankan warna secara alami dari permukaan kayunya. Seringkali banyak orang aplikasikan pada kayu yang memiliki serat dengan tekstur sempurna.

Itulah beberapa penjelasan secara gamblang dari jenis cat kayu. Dari pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa pemilihan warna serta jenis dari catnya akan memengaruhi kualitas kayu. Jadi, selektiflah dalam memilih sebelum menggunakannya.


Post a Comment for "Jenis Cat Kayu Terbaik Dan Tahan Lama"